Apakah yang dimaksud dengan sistem interaktif ? Ya sebelum membahas sistem interaktif kita harus mengetahui apa yang dinamakan dengan sistem, dan interaktif.Sistem merupakan suatu unsur yang saling berkaitan satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan interaktif merupakan sebuah interaksi, hubungan atau keterkaitan. Sehingga sistem interaktif dapat didefinisikan sebagai suatu unsur yang saling berkaitan dalam sebuah interaksi. Sistem interaktif dapat dicontohkan dalam implementasi dari segi entertainment dan pemrograman.
Sistem interaktif dilihat dari segi entertainment merupakan usaha dalam memproduksi dan mendistribusikan sebuah produk atau layanan yang memiliki nilai hiburan yang ditujukan kepada pengguna dari suatu produk dan layanan yang ada.
Sedangkan dari segi program, sistem interaktif merujuk kepada sistem
aplikasi perangkat lunak komputer yang dapat berinteraksi langsung dengan
manusia. Interaktivitas pada aplikasi komputer ini meliputi aplikasi yang
sering digunakan sehari-hari seperti pengolah kata dan pengolah grafis. Sebuah
program disebut interaktf jika memiliki desain grafis yang baik dan juga
user friendly terhadap GUI (Graphical User Interface) atau yang biasa disebut
antar muka yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya
untuk berinteraksi. Adapun komponen-komponen GUI adalah sebagai berikut :
Dari setiap komponen-komponen gui
memiliki event (suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan
komponen-komponen GUI.) yang berbeda-beda. Adapun event macam-macam jenis event
adalah sebagai berikut :
Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa
komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.
Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana
program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event
source dan event listener / Handler.
Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event,
mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user,
melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi
dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll.
Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti :
Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class
Event.
Event
Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Dalam konsep interaktif program/ program interaktif, event memiliki peran yang tidak jauh berbeda dengan yang telah disebutkan diatas, yaitu sebagai pengelola interaksi antara user dengan program yang berjalan. Setiap event dibentuk sesuai dengan algoritma yang dituju.
Sumber :Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Dalam konsep interaktif program/ program interaktif, event memiliki peran yang tidak jauh berbeda dengan yang telah disebutkan diatas, yaitu sebagai pengelola interaksi antara user dengan program yang berjalan. Setiap event dibentuk sesuai dengan algoritma yang dituju.
http://ghadinkz23.blogspot.com/2010/12/pengertian-gui-dan-cli.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
http://www.andisun.com/jurnal/basic-mendesain-graphical-user-interface-gui
Tidak ada komentar:
Posting Komentar