Augmented Reality (AR) dan Virtual reality (VR)
Dalam militer misalnya, AR telah digunakan selama beberapa tahun di kaca jendela atau headgears tentara yang memberikan informasi tentang lingkungan mereka. Militer strategi telah menggunakan sistem navigasi untuk posisi dan musuh unit ramah, dan sering AR memungkinkan Anda untuk melihat rincian lebih dari mata manusia yang mampu.
Dunia pengobatan , AR telah digunakan di berbagai bidang termasuk simulasi operasi, proyeksi ultra-sound, Visualisasi anatomi sendi bergerak, prosedur bedah saraf, pendidikan bedah.
Pendidikan music adalah alat musik Immersive virtual yang membangun pada tren di instrumen musik elektronik untuk mengembangkan cara-cara baru untuk mengontrol suara dan melakukan musik seperti dibuktikan oleh konferensi seperti NIME dan bertujuan untuk mewakili acara musik dan parameter suara dalam realitas virtual dalam sedemikian rupa sehingga mereka dapat dirasakan tidak hanya melalui umpan balik pendengaran, tetapi juga visual dalam 3D dan mungkin melalui taktil serta umpan balik haptic, memungkinkan pengembangan metafora interaksi baru luar manipulasi seperti kemampuan memegang.
Dukungan ini termasuk menyoroti dan sekuensing objek tertentu di pengguna bidang pandang, tergantung pada tugas dan pengguna pengalaman, atau presentasi dokumentasi. Selain itu, akan mungkin bagi seorang ahli terpencil untuk memberikan bantuan dengan mengendalikan informasi yang ditampilkan oleh sistem.
Virtual reality (VR), juga dikenal sebagai virtualitas, adalah istilah yang berlaku untuk komputer simulasi lingkungan yang dapat mensimulasikan kehadiran fisik di tempat-tempat di dunia nyata, maupun di dunia imajiner. Kebanyakan lingkungan virtual reality saat ini terutama pengalaman visual, yang ditampilkan baik pada layar komputer atau melalui khusus menampilkan stereoskopik , tetapi beberapa simulasi meliputi informasi sensorik tambahan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Sekarang meliputi sistem informasi taktil, umumnya dikenal sebagai umpan balik kekuatan, dalam aplikasi medis dan game. Selanjutnya, lingkungan virtual reality mencakup komunikasi jarak jauh yang memberikan kehadiran virtual pengguna dengan konsep telepresence dan atau artefak maya baik melalui penggunaan perangkat input standar seperti keyboard dan mouse, atau melalui multimodal perangkat seperti kabel sarung tangan , Polhemus, dan treadmill Omnidirectional . Lingkungan yang ditirukan dapat menjadi mirip dengan dunia nyata dalam rangka untuk pengalaman hidup manusia.
dan bersumber dari http://aguskhoiruddin.blogspot.com/2011/04/augmented-reality-ar-pada-dasarnya.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_reality
Tidak ada komentar:
Posting Komentar