Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengertian Sistem Informasi (SI)


Pengertian Sistem Informasi (SI)
Perngertian Sistem Informasi (SI) adalah Kombinasi dari Teknologi Informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologinya untuk mendukung operasi dan manajemen. Adapun pengertian lain dari sistem informasi yaitu  yang sangat luas, istilah sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritma, data, dan teknologi. Dalam istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Dan dapat disampaikan antara Sistem Informasi dan Sistem Komputer dalam komponen yang ada pada TIK.Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan Teknologi Informasi. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis. Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem dimana manusia dan  mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan  jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
Komponen Sistem Informasi
Komponen Sistem Informasi terdiri dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan prosedur.
SI dapat dikategorikan dalam empat bagian:
  1. Sistem Informasi Manajemen
  2. Sistem Pendukung Keputusan
  3. Sistem Informasi Eksekutif
  4. Sistem Pemrosesan Transaksi
Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah departemen-departemen internal. Seperti persediaan barang mentah, produksi, persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia. Serta pihak eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan membentuk satu kesatuan usaha. Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari ruang lingkup di atas, beberapa ahli telah memberikan rumusan tentang sistem informasi manajemen, antara lain :
  1. SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
  2. SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
  3. SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)
Dari definisi-definisi di atas,disimpulkan bahwa SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

Setelah saya memaparkan tentang pengertian Sistem Informasi dan Sistem Informasi Manajemen dari berbagai sumber. Dapat saya simpulkan bahwa sesungguhnya menggunakan Sistem Informasi Manajemen ketika saya berada ditingkat II semester 4 ini. Pada PT Cimory.
Dengan  Tujuan
·         Untuk mengetahui Sistem Informasi Manajemen keseluruhan yang ada di PT. Cimory.
·         Untuk mengetahui saling keterkaitan masing-masing bagian sistem informasi yang        ada diPT. Cimory.
·         Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
Sehingga mendapat kesimpulan
PT. Cimory merupakan salah satu produsen dan distributor susu olahan terkemuka di Indonesia, yang memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berkualitas. PT. Cimory memproduksi Susu dengan berbagai macam rasa, keju dalam bentuk botolan, maupun batangan, di dalam pabriknya yang terletak di Cisarua, Bogor. Untuk menjaga agar mutu minuman maupun makanan yang dihasilkan sesuai dengan standar, PT. Cimory menerapkan Sistem Informasi dan dengan berbagai Sistem Informasi lainnya.Dan dengan ketat proses produksi yang diakui secara nasional. Kunci sukses PT. Cimory, adalah pengembangan varian minuman olahan susu dengan aneka rasa, serta keinginan untuk menjadikan PT. Cimory  sebagai perusahaan minuman olahan susu yang kaya akan protein.
Jika start awalnya baik, maka hasil akhirnya akan baik pula. Jika start awalnya kurang baik, tetapi hasil akhirnya baik, maka ditengah-tengahnya pasti ada KERJA KERAS.
Itulah yang saya dapat dalam Sistem Informasi pada PT.Cimory dan terbukti. Bila menerapkan Sistem Informasi kita akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang sudah kita harapkan.





Rabu, 20 Juni 2012

Mengenal E-Commere pada Web



Mengenal E-Commere pada Web

Pada abad melenium, internet diantaranya sebagai alat yang sangat lengkap sehingga dapat dikunjungi apa saja yang kita butuhkan. Tedapat jaringan publik yang mudah di akses sehingga dapat memudahkan pengguna. Pada electronic data yang berfungsi sebagai penyampaian pesan sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara efektif dan efisien.

E-commere yang artinya perdagangan elektronik, dengan proses melalui penyebaran informasi yang di tuangkan dalam internet, pembelian dan penjualan, pemasaran barang dan jasa, kebanyakan orang sekarang ini memilih internet sebagai alat interaksi karena kemudahan yang terdapat pada jaringan internet. Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), seperti yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses. Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan userinterface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan. Sedangkan menurut Galitz, Usability adalah atribut kualitas yang menilai seberapa mudah user interface untuk digunakan. Dari sisi pengguna, usability sangat penting dalam membedakan antara perlakuan task secara akurat dan perlakuan task secara sempurna atau tidak, dan apakah user menikmati proses dari sistem atau malah membosankan. Jika diberi pilihan, orang cenderung untuk membeli sistem yang lebih user-friendly.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan,desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk: Menyediakan harga kompetitif, Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
E-mail dan Messaging, Content Management Systems, Dokumen, spreadsheet, database, Akunting dan sistem keuangan , Informasi pengiriman dan pemesanan, Pelaporan informasi dari klien dan enterprise, Sistem pembayaran domestik dan internasional, Newsgroup, On-line Shopping, Conferencing, Online Banking.


Langkah-langkah dalam melakulan E-Commere

Awali saya klik link www.dyantiblogshop.com



Setelah tampil dihalaman home, saya pilih menu yang dituju,yaitu: klik tupperware


 

Saya pilih products ,yaitu: kilk Stak N Stor Serie

 

Lalu saya order melalui email. Dan setelah sepakat dengan penjualnya. Saya mentransfer uang melalui Bank Mandiri pada tanggal 4 maret 2012. Setelah mentransfer  uang, langkah yang dilakukan dyanti adalah mengirim barang ke pembeli melalui kurir dan dalam jangka waktu seminggu. Barang sampai tempat tujuan.


Analisis Web Dyanti

1. User Control and Freedom
Pengguna harus merasakan pengalaman mereka berinteraksi dengan sistem, dan mempunyai kebebasan melakukan apa saja tanpa harus dipersulit.
Contoh: Menyediakan fungsionalitas untuk Undo dan Redo dan tindakan untuk dengan mudah keluar dari sistem.

2. Consistency and Standards
Pengguna kontrol, icon, terminologi, dan pesan kesalahan harus konsisten di seluruh antarmuka, jangan sampai memberikan sesuatu yang berbeda tapi dengan maksud yang sama. Apabila diperlukan, industri dan platform standar harus diterapkan.
Contoh: Gunakan icon yang orang kenal, bukan menciptakan desain baru yang berarti hal yang sama.


3. Error Prevention
Mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam menggunakan antarmuka sistem, dengan mengidentifikasi area dari masalah yang khas bagi pengguna dan merancang ulang serta mengkomunikasikan konsekuensi dari tindakan pengguna. Menyediakan pilihan konfirmasi untuk melakukan sesuatu yang rentan atau sulit dibuat.
Contoh: Jika pengguna membatalkan account nya, tawarannya cara untuk mendirikan kembali account dalam jangka waktu tertentu.

4. Recognition Rather Than Recall
Kurangi beban memori dari pengguna dengan menampilkan icon akrab, tindakan, dan pilihan bila memungkinkan. Tidak memerlukan user untuk mengingat informasi dari satu layar yang lain. Gunakan mouse-over, tooltips untuk menjelaskan fungsi icon yang mungkin belum terbiasa.
Contoh: Pada formulir web, izinkan untuk mengakses informasi yang telah dimasukkan seperti nomor seri, sehingga pengguna tidak perlu menuliskannya kemabali.

5. Flexibility and Efficiency of Use
Pemula dan pengguna ahli menggunakan sistem berbeda. Sistem tersebut harus mudah dan efisien untuk digunakan oleh pemula dan ahli sama. Menyediakan “akselerator” bagi pengguna ahli lebih efisien menavigasi sistem untuk menyelesaikan tugas-tugas yang paling sering.
Contoh: akselerator bisa menjadi jalan pintas keystroke, seperti Macintosh Command + Q untuk keluar dari aplikasi.

6. Aesthetic and Minimalist Design
Hindari menampilkan informasi yang berlebihan dan elemen desain, karena mereka akan bersaing secara visual dengan informasi yang lebih relevan di layar.
Contoh: Background grafis dapat membuat orang kesulitan melihat teks.

7. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors
Hadirkan pesan kesalahan yang memberikan pengguna petunjuk tentang cara memulihkan dari kesalahan, daripada kode rahasia yang tidak mengerti pengguna
Contoh: Jika pengguna memasukkan alamat email tidak valid pada formulir web, berikan pesan kesalahan secara jelas, seperti “Itu alamat email ini tidak di catatan kami. Silakan masukkan alamat email dalam format ini: ema...@address.com. ”

8. Help and Documentation
Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan system. Bisa dengan menyediakan video tutorial dan contoh-contoh untuk prosedur yang kompleks atau kontrol yang sulit untuk mencari.
Contoh: memberikan pengguna sebuah contoh bagaimana untuk memasukkan informasi dengan menggunakan format yang diperlukan, seperti memasukkan nomor telepon sebagai xxxx-xxx-xxx.
Itulah sekilas mengenai usability.



Maanfat yang saya dapat dalam pembelian  E-commere

Banyak manfat yang saya dapatkan diantaranya : Saya suka sekali dengan barang-barang yang dijual di toko dyanti, saya hanya mengetahui belanja onlinenya, dan saya mencoba mempercayai untuk belanja di situsnya. Lalu saya  melakukan registrasi seperti langkah-langkah yang sudah dipaparkan diatas, saya mengorder tupperware yang suadah saya jelaskan. Harga-harga yang ditawarkan sangatlah bersaing dengan toko-toko yang ada dan di Dyanti termaksud harga yang terjangkau dalam semua produk yang deitawarkan. Saya membeli dengan mencapai haraga Rp. 350.000,- harga tersebut setara dengan kwalitas. Setelah barang dipesan, pihak Dyanti mengirimkan pesan singkat ke nomor telfon yang sudah saya berikan ke pada pihak Dyanti. Dan saya tidak perlu jauh-jauh untuk membelinya. Tidak perlu pergi yang membuang-buang waktu saya. Dengan adanya Dyanti, saya tertolong.
Harga yang efesien dan waktu yang efektif.